KUPAS TUNTAS-2


Pemahaman Kriteria Suara ayam Pelung Kontes yang baik bagi pemula (non Pakar) agar mudah dipahami, sebagai acuan ilmu dasar mencari/ menyeleksi ayam pelung kelas kontes yang baik. Ciri- cinya adalah sebagai berikut:
1. Dasar Suara
DASAR SUARA VOKAL ayam Pelung itu adalah "U" bukan "O" atau"E", semakin jelas terdengar suara vokal "U" nya maka itu semakin BAIK. Dasar Suara terdengar "O/E" tidak termasuk dalam kategori ayam Pelung Kontes/Nilai, walaupun mempunyau suara yang semua bagus.!!!
Dasar suara bisa saja:
-         Bulat (U+uu...ng)
-         Tebal (U+gh...ng)
-         Dalam (U+ng)
-          Dll

Bila Ayam Pelung anda tidak mempunyai dasar suara seperti diatas, maka lupakan untuk kontes…cukup sebagai hiasan rumah saja.
Dari Dasar Suara inilah banyak orang yang mendefinisikan “SARI”, bila suara keseluruhan minimal dari mulai angkatan tengah sampai mau akhir terdengar U+ng, bening, empuk, dalam, licin dan tanpa serak…..inilah yg disebut “SARI”
Sari inilah yang membuat sebagian orang yang mendengar suara kokok ayam pelung tersebut merinding bulu kuduknya.
Dari dasar suara (SARI) inilah lahir bermacam-macam istilah seperti: Balem, Lunyu, Leueur dll tak terhingga banyaknya dan akan terus bertambah..... Padahal yang sebenarnya istilah-istilah tersebut lahir akibat dari penilaian seseorang pada kekentalan/tebal, dalam dan bulatnya dari Dasar Suara (SARI) kokok ayam pelung tersebut......
2. Perubahan nada suara atau peningkatan oktaf suara kokok ayam yang biasa keluar ditengah tengah kokok ayam pelung.
  • Bitu adalah peningkatan oktaf suara kokok ayam yg menonjol terjadi sesudah angkatan..biasanya agak awal dan akhir dari keseluruhan lagu/ irama.. (bila mempunyai kokok kebat/ panjang, bitu agak awal tsbt akan mempunyai bitu ke 2 pada akhir suara tengah, inilah yg disebut bitu 2)
  • Nengah adalah peningkatan oktaf suara kokok ayam yg menonjol terjadi ditengah2, hal ini biasanya paling baik/ ideal karena setelah angkatan kokoknya agak tertahan dulu/ gantung sebelum keluar nengah-nya.
  • Beluk adalah peningkatan oktaf suara kokok ayam yang tidak terlalu menonjol terjadi sesudah angkatan biasanya hal ini terjadi pada dasar suara kristal/ keras.
  • Lostor adalah tidak adanya peningkatan oktaf suara kokok ayam dikarenakan biasanya oleh kokok ayam yang ber volume besar tapi kurang tenaga, tapi bila diperhatikan tetap terjadi perubahan volume suaranya pada penengahnya. Walaupun Ayam lostor,, tetap akan menjadi ayam nilai bila dasar suara/ SARI pelungnya sangat kental (LUNYU).

3. Laper… lg Puasa… (tunggu pembahasan selanjutnya di KUPAS TUNTAS-3)